Praktikum 02 - Menganimasikan Elemen Shape

1. Tujuan
Mengeksplore possibilities dalam menganimasikan elemen shape

2. Alat
- Laptop HP
- Microsoft Power Point 2016

3. Bahan
- Lingkaran
- Bintang
- Jajar Genjang
- Persegi
- Text "Bounce" 

4. Dasar Teori
        [1]Pengertian animasi adalah sekumpulan objek yang membentuk sebuah gambar bergerak yang tersusun secara teratur mengikuti  sebuah alur yang telah ditentukan sebelumnya. Objek tersebut dapat berupa gambar ,manusia, hewan, tumbuhan, dan tulisan. Orang yang biasa berkecimpung dalam dunia animasi biasa disebut animator. Animasi 2D merupakan sebuah gambar bergerak yang dibuat dalam lingkup 2D. Dengan memanfaatkan urutan gambar yang dijalankan berturut-turut.

        [2]Bentuk geometris didefinisikan sebagai informasi geometrik yang masih ada bahkan jika skala, orientasi,, lokasi, dan refleksinya dipindahkan dari objek geometris tertentu. Kita dapat berpikir bahwa jika kita memindahkan bentuk, memperbesarnya, memindahnya, atau memutarnya, maka bentuknya tetap sama, yaitu tidak berubah menjadi bentuk yang lain.

         Bentuk geometris (umumnya terlihat di kehidupan sehari-hari) terdiri dari dua jenis yaitu 2D dan 3D. Umumnya bentuk geometris 2D diwakili oleh garis yang menggabungkan himpunan titik yang disebut simpul dalam bentuk yang sudah dibatasi. Bentuk ini dikenal sebagai polygon termasuk segitiga, segiempat, dll. Beberapa bentuk 2D yang dibentuk oleh kurva yang dibatasi, misalnya - lingkaran dan elips. Sebagian besar bentuk geometris 3D diwakili oleh garis yang menghubungkan seperangkat titik serta permukaan 2D yang berisi garis tersebut. Misalnya - kubus, kubukoida, piramid, dll. Beberapa bentuk. Ada bentuk yang memiliki lebih dari 2 atau 3D, yang kita sebut sebagai bentuk Multidimensi. Kita memiliki beberapa bentuk yang tidak berbentuk terbatas, seperti garis segmen, dan lengkung.


5. Tugas Praktikum
- Animasikan posisi dari sebuah Geometric Shape
- Animasikan rotasi dari sebuah Geometric Shape
- Animasikan Skala dari sebuah Geometric Shape
- Buat animasi bebas menggunakan Geometric Shape dan ceritakan properti apa saja yang dianimasikan

6. Hasil Praktikum
      - Animasi Posisi

      - Screen Record Posisi

      - Animasi Rotasi


      - Screen Record Rotasi
   
      - Animasi Skala


      - Screen Record Skala

      - Animasi Combine
        Dalam animasi ini, properti yang digunakan adalah ketiga hal yaitu, posisi, scale dan rotasi

      - Screen Record Combine

         
7. Kesimpulan
        Pada praktikum kali ini, saya membuat animasi dari beberapa template yang sudah ada pada PowerPoint. Untuk membuat animasi ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Pengerjaan animasi ini terkendala pada timing karena setiap gerakan sudah ada pada template yang disediakan. Timing disini diatur agar animasi yang dihasilkan semakin menarik dengan mengatur cepat lambatnya shape

8. Referensi
   [1] Utopicomputers, https://www.utopicomputers.com/download-software-aplikasi-animasi-2d-dan-3d-terbaik-gratis/ Diakses pada, 7 September 2017
 - Thomas Frank dan Johnston Ollie, https://www.youtube.com/watch?v=lki1Jf7h-x4&list=PLu7Jn5bqwu0Va35N_628Fes_AcA4zH3H5 Diakses pada, 7 September 2017
   [2] "Geometric Shape Definition ", http://math.tutorvista.com/geometry/geometric-shapes.html#top diakses tanggal 13 September 2017 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum – Week 14 (Commercials 3D Animation)

Praktikum – Week 15 (Commercials 3D Animation)

Praktikum 04 - Logo Animation