Praktikum 16 - Final Project Animasi Komunitas ADAW (Animasi Final)

1. Judul
    - Membuat video motion graphic komunitas ADAW - final

2. Tujuan
    - Memperkenalkan komunitas ADAW  dengan media video motion graphic

3. Alat
    - Adobe After effect CC 2017
      - Adobe Premiere Pro CC 2017
      - Adobe Illustrator CC 2017

4. Bahan
    - Storyboard animasi ADAW
      - Animatics ADAW
      - Asset animasi

5. Dasar Teori
      Animasi
               Animasi adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek yang disusun secara beraturan mengikutio alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap perhitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan. Animasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.

      Animatics (Story Reel)
                Motion graphic adalah percabangan dari seni desain grafis yang menggunakan penggabungan dari ilustrasi, typografi, fotografi, dan videografi dengan menggunakan teknik animasi. Motion grafis terdiri dari dua kata, motion yang berarti gerak dan grafis. Dari arti tersebut, bisa dikatakan bahwa motion grafis juga disebut dengan instilah grafis gerak.


6. Hasil Praktikum
       -Progress animasi final ADAW
                  Pembuatan animasi ADAW berada pada tahap akhir yaitu final. Untuk merubah menjadi high resolution, pengerjaan dibagi menjadi beberapa panel yang telah dijelaskan sebelumnya. Pada panel ini ditugaskan kepada saya sendiri (Bilal Savero Putra Chalimi)

                  

7. Kesimpulan
               Penyempurnaan pada panel 1-16 terdapat kendala pada proses rendering. Masalah mulai muncul pada detik ke 19.21 dimana terlalu banyak objek yang dianimasikan atau gerakan yang terlalu kompleks. Terhambatnya proses rendering ini dikarenakan ukuran asset pada After Effects terlalu besar sehingga membuat proses rendering menjadi berat.
                       Pada pembuatan asset seharusnya memiliki resolusi tidak lebih dari 72 pixel supaya pada proses rendering tidak terlalu berat saat merender. maka dari itu dilakukan perubahan ukuran dari tiap asset yang dianimasikan supaya gerakan lebih halus dan tidak berat. Ukuran asset yang besar juga memengaruhi file video yang telah jadi memiliki ukuran yang besar pula. 

8. Referensi
      - http://www.idseducation.com/articles/apa-itu-animasi/ , diakses pada 15 Desember 2017
      - http://www.dafideff.com/2016/01/pengertian-motion-graphics-dan-cara-membuatnya.html , diakses pada 15 Desember 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANIMATOR mulai menjadi PEKERJAAN YANG MENJANJIKAN zaman sekarang!

Praktikum – Week 14 (Commercials 3D Animation)

Praktikum Desain web - Membuat Desain Web Audio Streaming