Praktikum 02 - Logo 3D 360 (Camera Path, Lighting, dan Material)
1. Judul
- Camera Path, Lighting, dan Material
2. Tujuan
Penambahan elemen di cinema 4D yaitu, camera path menggunakan spinline, lighting menggunakan physical sky dan area light.
3. Alat dan Bahan
- Adobe Illustrator CC 2017
- Maxon Cinema 4D R19
4. Dasar Teori
A. Perbedaan Motion Guide Pada Flash dan Camera Path
Motion guide pada adobe flash merupakan garis/ jalur pergerakan yang kita buat untuk menghubungkan posisi objek dari frame satu ke frame lainnya. Camera Path pada cinema 4D merupakan jalur kamera dimana kamera dapat mengarah ke objek walau sedang dalam perubahan posisi (bergerak).
- Camera Path, Lighting, dan Material
2. Tujuan
Penambahan elemen di cinema 4D yaitu, camera path menggunakan spinline, lighting menggunakan physical sky dan area light.
3. Alat dan Bahan
- Adobe Illustrator CC 2017
- Maxon Cinema 4D R19
4. Dasar Teori
A. Perbedaan Motion Guide Pada Flash dan Camera Path
Motion guide pada adobe flash merupakan garis/ jalur pergerakan yang kita buat untuk menghubungkan posisi objek dari frame satu ke frame lainnya. Camera Path pada cinema 4D merupakan jalur kamera dimana kamera dapat mengarah ke objek walau sedang dalam perubahan posisi (bergerak).
B. Perbedaan Physical Sky dan Area Light
Physical sky merupakan elemen latar belakang pada cinema 4D dimana keadaan background yang menyerupai keadaan langit dapat disesuaikan dengan tanggal dan waktu. Area Light merupakan bagian pada cinema 4D yang digunakan untuk memberikan tambahan pencahayaan dan dapat disesuaikan intensitas beserta arah dari cahaya tersebut, sehingga cahaya dapat menerangi bagian objek yang diinginkan sesuai dengan tingkat pencahayaan yang ditentukan.
C. Pengertian Material Beserta Contohnya.
Material biasanya ditambahkan pada akhir pembuatan animasi, bagian ini digunakan untuk menyempurnakan presentasi dari animasi yang telah dibuat. Terdapat beberapa elemen pada material yakni color, diffusion, luminance, transparency, environment, bump, fog, dll.
6. Tugas Praktikum
Tambahkan!
1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path.
2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan physical sky dan area light.
7. Petunjuk Praktikum
1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path.
2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan physical sky dan area light.
7. Petunjuk Praktikum
- Pergerakan kamera menggunakan camera path, yang selanjutnya disebut spline.
- Menambahkan lighting menggunakan physical sky.
- Menambahkan lighting menggunakan Area light
- Menambahkan material.
Hasil Camera Path
Screen Record Camera Path
Adding Physical Sky
Adding Area Light
Screen Record Material
Adding Material
Screen Record Camera Path
Adding Physical Sky
Adding Area Light
Screen Record Material
Adding Material
9. Kesimpulan
Disini penambahan lighting pada logo PENS sedikit mengalami kesulitan pada tampilan saat camera mulai digerakkan. sulit menyesuaikan arcnya dikarenakan untuk menghasilkan sudut yang sesuai.
10. Referensi
https://www.pluralsight.com/courses/logo-animation-cinema-4d-after-effects-1994
https://support.solidangle.com/display/AFMUG/Physical+Sky
Disini penambahan lighting pada logo PENS sedikit mengalami kesulitan pada tampilan saat camera mulai digerakkan. sulit menyesuaikan arcnya dikarenakan untuk menghasilkan sudut yang sesuai.
10. Referensi
https://www.pluralsight.com/courses/logo-animation-cinema-4d-after-effects-1994
https://support.solidangle.com/display/AFMUG/Physical+Sky
Komentar
Posting Komentar