Praktikum 04 - Logo 3D 360 (Camera Depth, Multipass Render, dan Compositing Using AE)


1.    Judul
Camera Depth, Multipass Render, dan Compsiting using AE

2.    Tujuan
Pada praktikum ini, kita mencicipi sedikit tentang compositing di AE. Dimulai dengan render setting di Cinema 4D kemudian beralih pada kegiatan compositing di AE.

3.    Alat dan Bahan
-          Adobe Illustrator CC 2017
-          Maxon Cinema 4D R19
-          Hasil praktikum sebelumnya dengan penambahan camera Path dan material.

4.    Dasar Teori
A.    Camera Depth
Merupakan rentang lebar sebuah area yang bisa ditangkap oleh kamera.
B.     Multipass Rendering
Multipas render adalah Teknik yang banyak digunakan dalam industry CGI professional, dan telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum. Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering, yang memungkinkan lebih banyak control atas setiap elemen dari adegan , control yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan sedikit waktu mengonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh rincian kecil atau melakukan perubahan.
C.     Depth Of Filed
Dalam optic, terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field (DOF) juga disebut rentang fokus. DOF yang efektif adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan yang muncul diterima tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada suatu waktu, penuruman ketajaman bertahap pada setiap sisi jarak fokus, sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat dibawah kondisi tampilan normal.
D.     Compositing
Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tinggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing disebut “chroma key”, “blue screen”, “green screen”, dan nama lainnya. Saat ini, kebanyakan meskipun tidak semua, compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital. Teknik compositing pra-digital, bagaimanapun kembali sejauh film trik George Melies pada akhir abad ke-19, dan beberapa yang masih digunakan.

5.    Tugas Praktikum
Pada animasi logo sebelumnya yang telah dibuat, tambahkan:
-          Multipass Rendering untuk logo, objek sekunder, BG, dan depth.
-     Import masing-masing rendr sequence ke AE. Buat composition untuk masing-masing objek yaitu logo, secondary asset, dan BG.
-          Implementasikan DOF di AE menggunakan effect camera lens blur.

6.    Petunjuk
1.      Setting camera DOF di Cinema 4D.
2.      Multipass Rendering untuk logo, objek sekunder, BG dan Depth.
3.      Import masing-masing image sequence ke AE.
4.      Implementasikan DOF di AE menggunakan Camera Lens Blur.

7.    Hasil Praktikum
Adding DOF

Multi-pass Rendering

Importing Images Sequences

Camera Lens Blur

Final

8.    Kesimpulan
          Pada tahap ini, saya sedikit mengalami sedikit kesulitan saat mencoba import hasil render dengan format .tiff kedalam After Effects. Format awal menjadi all file saat di export dari C4D, dan saya mencoba mencari solusi untuk mengembalikan format tersebut.
9.    Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum – Week 14 (Commercials 3D Animation)

Praktikum – Week 15 (Commercials 3D Animation)

Praktikum 04 - Logo Animation