Praktikum 04 - Logo 3D 360 (Camera Depth, Multipass Render, dan Compositing Using AE)
1. Judul
Camera Depth,
Multipass Render, dan Compsiting using AE
2. Tujuan
Pada praktikum ini, kita mencicipi sedikit tentang compositing
di AE. Dimulai dengan render setting di Cinema 4D kemudian beralih pada
kegiatan compositing di AE.
3. Alat dan
Bahan
-
Adobe Illustrator CC 2017
-
Maxon Cinema 4D R19
-
Hasil praktikum sebelumnya dengan penambahan camera
Path dan material.
4. Dasar Teori
A. Camera
Depth
Merupakan
rentang lebar sebuah area yang bisa ditangkap oleh kamera.
B. Multipass
Rendering
Multipas
render adalah Teknik yang banyak digunakan dalam industry CGI professional, dan
telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum.
Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering,
yang memungkinkan lebih banyak control atas setiap elemen dari adegan , control
yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan
menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan sedikit waktu mengonsumsi
rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh rincian kecil atau
melakukan perubahan.
C. Depth Of
Filed
Dalam optic,
terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field (DOF) juga disebut
rentang fokus. DOF yang efektif adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh
dalam sebuah adegan yang muncul diterima tajam dalam foto. Meskipun lensa
justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada suatu waktu, penuruman ketajaman
bertahap pada setiap sisi jarak fokus, sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak
terlihat dibawah kondisi tampilan normal.
D. Compositing
Compositing adalah kombinasi dari
unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tinggal, sering untuk
menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama.
Penembakan live-action untuk compositing disebut “chroma key”, “blue screen”, “green
screen”, dan nama lainnya. Saat ini, kebanyakan meskipun tidak semua,
compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital. Teknik compositing
pra-digital, bagaimanapun kembali sejauh film trik George Melies pada akhir
abad ke-19, dan beberapa yang masih digunakan.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi
logo sebelumnya yang telah dibuat, tambahkan:
-
Multipass Rendering untuk logo, objek sekunder, BG,
dan depth.
- Import masing-masing rendr sequence ke AE. Buat
composition untuk masing-masing objek yaitu logo, secondary asset, dan BG.
-
Implementasikan DOF di AE menggunakan effect camera lens
blur.
6. Petunjuk
1. Setting
camera DOF di Cinema 4D.
2. Multipass
Rendering untuk logo, objek sekunder, BG dan Depth.
3. Import masing-masing
image sequence ke AE.
4. Implementasikan
DOF di AE menggunakan Camera Lens Blur.
7. Hasil
Praktikum
Adding DOF
Multi-pass Rendering
Importing Images Sequences
Camera Lens Blur
Final
8. Kesimpulan
Pada tahap ini, saya sedikit mengalami sedikit kesulitan saat mencoba import hasil render dengan format .tiff kedalam After Effects. Format awal menjadi all file saat di export dari C4D, dan saya mencoba mencari solusi untuk mengembalikan format tersebut.
9. Referensi
Komentar
Posting Komentar