Praktikum – Week 15 (Commercials 3D Animation)


1.    Judul
-          Making 3D Commercial Animation

2.    Tujuan
            Membuat animasi 3D commercial sejenis

3.    Alat dan Bahan
-          Cinema 4D Tutorial: Cubes into letters
-          Hasil render sebelumnya
-          After Effects CC 2017
4.    Dasar Teori
Cinema 4D adalah perangkat aplikasi pemodelan 3D, animasi, motion graphics dan aplikasi render yang dikembangkan oleh Maxon Computer di Jerman. Cinema 4D memiliki fitur animating, lighting, texturing, rendering, dan fitur-fitur yang ditemukan dalam aplikasi 3D modeling lainnya.
A.    The Illuminati
Plug in Illuminati ini dibuat oleh channel mymotiongraphic. Dengan plug in ini kita dapat menerangi objek dari beberapa macam sisi dan menghasilkan tampilan yang lembut serta tidak membebani proses rendering.
B.     Sharpbox
Sharpbox disini merupakan sebuah reflector virtual yang biasanya digunakan dalam fotografi. Kegunaan reflector adalah memantulkan cahaya kearah bidang yang gelap dan ingin dibuat terang sesuai dengan cahaya sekitar. Dengan plug in ini memungkinkan kita menggunakan reflector kearah yang diinginkan.

5.    Tugas Praktikum
o   Membuat animasi 3D commercial sejenis dengan yang sudah ada.

6.    Hasil Praktikum
Pada percobaan kali ini, animasi yang telah dibuat mendapatkan revisi dikarenakan movement dan sudut pandang yang kurang sesuai menurut Pak Hasbi, tetapi mennurut saya itu sudah cukup. Berikut perbandingan antara video asli dengan hasil percobaan yang telah saya lakukan.

Dapat kita lihat, bahwa hasil percobaan yang saya buat terlalu dekat ke kamera sehingga Nampak lebih besar, sehingga saya perlu merubah sudut pandang kamera, disini saya mengganti pada tahap di Cinema 4D.

Setelah itu, saya menginginkan text yang lebih panjang, yakni “MMB PENS” sehingga saya cukup merubah bentuk text, serta penyesuaian kamera saja, dan tidak perlu merubah tahap yang lain.

Akan tetapi, membuat ulang total pada saat render image sequences yang dimasukkan pada after effects. Karena sudah berbeda hasil yang dirender sebelumnya. Berikut adalah hasil akhirnya.


7.    Kesimpulan
Terdapat perbedaan sudut pandang dengan hasil sebelumnya, sehingga perlu menggantinya. Dalam kasus ini, hasil yang dimasukkan kedalam hasil render ke after effects sepenuhnya berbeda, jadi apabila anda melakukan perubahan pada sisi pembuatan 3D di Cinema 4D maka anda harus mengedit pada after effect sepenuhnya dari awal sesuai dengan tutorial yang telah dilakukan.

8.    Referensi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum – Week 14 (Commercials 3D Animation)

Praktikum 04 - Logo Animation