Praktikum – Week 13 (Commercials 3D Animation)


1.    Judul
-          Making 3D Commercial Animation

2.    Tujuan
Membuat animasi 3D commercial sejenis

3.    Alat dan Bahan
-          Cinema 4D Tutorial: Cubes into letters
-          Text MMB
4.    Dasar Teori
Cinema 4D adalah perangkat aplikasi pemodelan 3D, animasi, motion graphics dan aplikasi render yang dikembangkan oleh Maxon Computer di Jerman. Cinema 4D memiliki fitur animating, lighting, texturing, rendering, dan fitur-fitur yang ditemukan dalam aplikasi 3D modeling lainnya.
5.    Tugas Praktikum
o   Membuat animasi 3D commercial sejenis dengan yang sudah ada.

6.    Hasil Praktikum
Pada mulanya, kita perlu membuat text terlebih dahulu. Dalam hal ini saya membuat text “MMB” dengan tipe font ComicHeavy. Selanjutnya kita perlu mengatur kerning, kerning disini merupakan spasi antar huruf agar tidak berdempetan, karena kita mengubah setiap huruf dengan cubes, jadi kita memerlukan jarak yang pas agar cubes pada tiap huruf tidak berdempet sehingga tidak menimbulkan makna lain.


Selanjutnya disini saya membuat cloner, fungsi cloner ini merubah bentuk plain text/ text 2D tadi menjadi sebuah gabungan cubes yang membentuk sebuah kata.


Setelah saya membuat cloner, disinni saya menambahkan menu random pada cloner, fungsinya membuat cubes menyebar dan secara tidak beraturan. Cara menyebar cubes dengan merubah koordinat/ axis daari sumbu x, y, dan z meluas atau spred menjauhi text aslinya.



 Berikut adalah precomp sebelum pemberian warna.

7.    Kesimpulan
Untuk membuat animasi seperti cubes into letters seperti ini, kita perlu untuk mengubah bentuk text menjadi plain/ datar (bentuk 2D) dan selanjutnya kita menambahkan cloner berbentuk cubes dan dipasangkan pada text sehingga cloner yang semula berantakan menjadi rapi mengikuti bentuk text.
Pada saat memasangkan cloner kedalam text, pada menu cloner diubah dahulu ke dalam mode surface, hal ini maksudnya cubes yang hendak ditempel pada text harus pada permukaan bukan pada outlinenya.

8.    Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum – Week 14 (Commercials 3D Animation)

Praktikum – Week 15 (Commercials 3D Animation)

Praktikum 04 - Logo Animation