Praktikum – Week 6 (Logo 3D 360) PENS Logo Animation


1.    Judul
-          Secondary Assets, Logo Movement, F-curves

2.    Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu secondary assets dan movement. Pada praktikum ini penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

3.    Alat dan Bahan
-         Percobaan Praktikum 3 Sheila Azizah

4.    Dasar Teori
A.   Fungsi Secondary Assets
Secondary assets adalah asset sekunder yang digunakan pada animasi kali ini, dimana juga merupakan objek sebelumnya yang digunakan untuk membuat animasi baru namun tidak berperan sebagai objek utama melainkan objek tambahan.
B.    Fungsi F-curves
F-curves meruipakan salah satu tools untuk memperhalus gerakan pada animasi 3D di C4D. Dapat mengatur cepat lambat dari pergerakan animasi. Jika pada After Effect kita menggunakan easy ease, pada C4D ini kita menggunakan F-curves.

5.    Tugas Praktikum
Pada animasi logo sebelumnya yang telah dibuat, tambahkan:
o   Secondary Assets
o   Tambahkan kopleksitas gerakan pada asset utama
o   Haluskan gerakan menggunakan F-curves

6.    Hasil Praktikum
Dalam hal ini, saya mencoba membuat ulang animasi pada tahap modul 3 sesuai tutorial dan mencari kesalahan apa yang terjadi. Lalu diperoleh kesalahan saat hendak merubah titik putar objek atau pivot. Hal ini ditemukan saat mencoba mengikuti langkah-langkah pada modul ke-3 praktikum ke-3 dengan judul “Menambah Kompleksitas Gerakan”.


7.    Kesimpulan
Pada percobaan ini, ada beberapa langkah yang terlewat sehingga hasil yang didapat tidak sesuai dengan tutorial, solusinya saya mencoba meneliti dari tutorial pada modul 3 ini sesuai urutan sehingga saya mendapat error yang terjadi.
Pada percobaan ini, error yang dibingungkan oleh Sheila adalah pivot editing yaitu untuk memutar objek dengan x, y, z axis sesuai terletak ditengah objek. Maka dari itu penggunaannya cukup tinggal mengaktifkan axis tersebut atau menonaktifkannya ketika tidak dibutuhkan untuk merubah axis.

8.    Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum – Week 14 (Commercials 3D Animation)

Praktikum – Week 15 (Commercials 3D Animation)

Praktikum 04 - Logo Animation